Gaido San diambil
dari bahasa jepang, sebagai sapaan atau panggilan orang jepang kepada pemandu
wisatanya. Gaido berasal dari bahasa
inggris yaitu Guide atau pemandu
wisata dalam bahasa indonesia, ditambah
kata San sebagai tambahan kata sapaan
hormat (untuk menghormati lawan bicara) dalam bahasa jepang yang kurang lebih
bisa diartikan dengan bentuk sapaan hormat Mas, Mbak, Pak, Bu atau bentuk
sapaan lainnya menghormati lawan bicara dalam bahasa Indonesia.
Gaido san atau
pemandu wisata adalah pekerjaan berbicara seharian penuh atau pekerjaan yang
sepenuhnya berbicara selama memandu wisata apabila wisata tersebut dilakukan
lebih dari satu hari. Definisi pemandu wisata / tour guide / gaido san menurut
Wikipedia adalah seseorang yang memberikan bantuan, informasi budaya, historis
dan kontemporer interpretasi warisan kepada orang-orang pada wisata-wisata
terorganisir, klien individu, instansi pendidikan, di situs-situs keagamaan dan
sejarah, museum dan tempat-tempat lainnya yang menarik perhatian, yang biasanya
memiliki kualifikasi wisata nasional atau regional diakui panduan.
Gaido san atau
pemandu wisata dibutuhkan dalam satu tour wisata baik untuk wisatawan domestik
atau wisatawan mancanegara, baik ada yang menawarkan diri secara individual atau
dari travel-travel tertentu untuk mereka-mereka yang ingin berwisata dan
membutuhkan seseorang untuk menunjukkan rute, memandu rute dan menerangkan
berbagai macam hal mengenai lokasi yang dikunjungi selama berwisata. Selintas,
pekerjaan sebagai pemandu wisata ini hanya pekerjaan mudah dimana seseorang
hanya berbicara dan memandu sepanjang jalan. Padahal sebetulnya ada banyak hal
yang menjadi tanggung jawab besar yang harus dipegang Gaido san atau seorang pemandu wisata.
Pengetahuan,
merupakan hal pertama yang harus dimiliki Gaido
san atau pemandu wisata. Misalnya seseorang yang sedang memandu di sebuah
gedung tua yang bersejarah, maka pemandu wisata wajib untuk tahu mengenai
sejarah berdirinya, tahun berdirinya, tujuan berdirinya, luas, lebar, fungsi
serta banyak hal detail lainnya yang kemudian akan menjadi penjelasan yang
akurat kepada wisatawan yang sedang dipandunya. Hal selanjutnya, Gaido san sebisa mungkin membuat
penjelasannya menarik sehingga tidak membuat wisatawan yang dipandunya beralih
perhatiannya kepada hal yang lain. Situasi yang memungkinkan terjadi ketika
pemandu wisata atau Gaido san sedang
menjelaskan dan penjelasannya tidak menarik adalah secara perlahan-lahan
wisatawan akan mulai tidak memperhatikan Gaido
san sekalipun Gaido san sedang
berbicara.
Berikutnya
mengenai etika. Etika menjadi hal penting yang harus dimiliki Gaido San. Sopan santun terhadap
wisatawan ketika memandu, tersenyum dan ramah menjadi faktor yang hanya seperti
embel-embel dan berupa tambahan tetapi sebetulnya penting untuk dilakoni.
Karena pekerjaan sebagai Gaido san
atau pemandu wisata ini, apabila dimasukkan ke dalam kluster-kluster maka
termasuk ke dalam kluster yang satu lingkup dengan pekerjaan teller atau
customer service di Bank, pekerjaan sebagai Front Office Staff di hotel dan
pekerjaan lainnya yang penampilan dan senyum menjadi faktor pertama yang
menjadi penilaian tamu / nasabah atau pengunjung.
Selain
itu bagi seorang Gaido san, mencoba
membuat definisi-definisi singkat menjadi hal yang penting terutama bagi Gaido san yang memandu wisatawan asing.
Seperti misalnya ketika tamu yang dipandunya menanyakan apa yang dimaksud
dengan blangkon? Apa itu nasi timbel atau apa itu kain batik. Definisi yang
meski singkat tapi setidaknya pilihlah kata-kata yang akan mudah dicerna oleh
wisatawannya. Penting juga untuk diketahui salah satu misalnya ketika
mengunjungi lokasi wisata adalah harga barang-barang, harga tiket atau jam
berkunjung.
Gaido san atau
pemandu wisata dari travel-travel biasanya akan memakai seragam tertentu dan
berpakaian rapi, sedangkan Gaido san
secara individu biasanya lebih berpakaian fleksibel atau santai. Menjadi Gaido san atau pemandu wisata, banyak
lah membaca, banyak lah berbicara dan tampil lah meyakinkan agar setidaknya
wisatawan yang dipandu akan merasa tenang melihat orang yang memandunya
merupakan seseorang yang tahu akan kemana, tahu sedang berada dimana, tahu
harus kemana dan tahu harus apa. Karena bagaimana jadinya apabila seorang
pemandu wisata atau Gaido san yang
sedang pergi memandu tamunya tapi ketika tamu bertanya dan bingung, Gaido san pun malah terlihat lebih
bingung dan balik bertanya lalu mulai ketar-ketir tidak tahu apa yang harus
dilakukan?
Memandu
tamu secara individu, bisa dilakukan secara lebih fleksibel dan lebih bisa menonjolkan
suasana pertemanan. Tetapi ketika memandu rombongan tertentu, baik rombongan
wisata dari institusi formal atau rombongan dari paket tour anak-anak sekolah,
maka harus ada schedule baku tertulis yang telah disiapkan.
Sebagai
pemandu paket tour, pemandu wisata atau Gaido
san bisa mengawalinya dengan memperkenalkan diri sebelum tour dimulai.
Kemudian menjelaskan jadwal atau schedule hari itu, menjelaskan kemana saja
tempat-tempat yang akan dikunjungi. Jam berkunjung lokasi wisata, waktu dan
tempat makan (mulai dari sarapan hingga makan malam), jam istirahat, lamanya
waktu kunjungan dan lamanya perjalanan yang akan ditempuh wajib menjadi faktor
utama yang menjadi pertimbangan bagi Gaido
san ketika membuat schedule. Kemudian, menjelaskan perlengkapan dalam bis
(apabila menggunakan bis) seperti misalnya kantung yang bisa digunakan ketika
mabuk perjalanan, obat-obatan ada dimana, ketika keadaan darurat haru bagaimana
dan hal lain yang terkait dengan perjalanan.
Satu
hal penting bagi pemandu wisata atau Gaido
san adalah harus selalu mengecek tamu atau wisatawan yang harus dipandunya,
maka buatlah daftar nama dan berapa jumlah wisatawan yang sedang dipandunya.
Demi menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan salah satu
anggota tour, maka pengecekan biasanya selalu dilakukan ketika akan naik bus
kembali atau ketika baru turun dari bus dan baru akan masuk ke lokasi wisata
lainnya.
Gaido San
atau pemandu wisata, pekerjaan berbicara seharian penuh. Banyak hal penting
pula yang harus diketahui terkait lokasi, jalur yang dilalui dengan akurat dan
apa saja hal penting yang perlu untuk disampaikan kepada wisatawan yang
dipandunya, karena keakuratan informasi menjadi hal yang penting. Kondisi tubuh
yang fit, harus diutamakan selain pengetahuan dan tampilan yang meyakinkan.
Tetap tersenyum dan selalu ramah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar