Selasa, 10 Juli 2012

My Life As Gaido San


Gaido San diambil dari bahasa jepang, sebagai sapaan atau panggilan orang jepang kepada pemandu wisatanya. Gaido berasal dari bahasa inggris yaitu Guide atau pemandu wisata dalam bahasa indonesia, ditambah kata San sebagai tambahan kata sapaan hormat (untuk menghormati lawan bicara) dalam bahasa jepang yang kurang lebih bisa diartikan dengan bentuk sapaan hormat Mas, Mbak, Pak, Bu atau bentuk sapaan lainnya menghormati lawan bicara dalam bahasa Indonesia.
Gaido san atau pemandu wisata adalah pekerjaan berbicara seharian penuh atau pekerjaan yang sepenuhnya berbicara selama memandu wisata apabila wisata tersebut dilakukan lebih dari satu hari. Definisi pemandu wisata / tour guide / gaido san menurut Wikipedia adalah seseorang yang memberikan bantuan, informasi budaya, historis dan kontemporer interpretasi warisan kepada orang-orang pada wisata-wisata terorganisir, klien individu, instansi pendidikan, di situs-situs keagamaan dan sejarah, museum dan tempat-tempat lainnya yang menarik perhatian, yang biasanya memiliki kualifikasi wisata nasional atau regional diakui panduan.
Gaido san atau pemandu wisata dibutuhkan dalam satu tour wisata baik untuk wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara, baik ada yang menawarkan diri secara individual atau dari travel-travel tertentu untuk mereka-mereka yang ingin berwisata dan membutuhkan seseorang untuk menunjukkan rute, memandu rute dan menerangkan berbagai macam hal mengenai lokasi yang dikunjungi selama berwisata. Selintas, pekerjaan sebagai pemandu wisata ini hanya pekerjaan mudah dimana seseorang hanya berbicara dan memandu sepanjang jalan. Padahal sebetulnya ada banyak hal yang menjadi tanggung jawab besar yang harus dipegang Gaido san atau seorang pemandu wisata.
Pengetahuan, merupakan hal pertama yang harus dimiliki Gaido san atau pemandu wisata. Misalnya seseorang yang sedang memandu di sebuah gedung tua yang bersejarah, maka pemandu wisata wajib untuk tahu mengenai sejarah berdirinya, tahun berdirinya, tujuan berdirinya, luas, lebar, fungsi serta banyak hal detail lainnya yang kemudian akan menjadi penjelasan yang akurat kepada wisatawan yang sedang dipandunya. Hal selanjutnya, Gaido san sebisa mungkin membuat penjelasannya menarik sehingga tidak membuat wisatawan yang dipandunya beralih perhatiannya kepada hal yang lain. Situasi yang memungkinkan terjadi ketika pemandu wisata atau Gaido san sedang menjelaskan dan penjelasannya tidak menarik adalah secara perlahan-lahan wisatawan akan mulai tidak memperhatikan Gaido san sekalipun Gaido san sedang berbicara.
Berikutnya mengenai etika. Etika menjadi hal penting yang harus dimiliki Gaido San. Sopan santun terhadap wisatawan ketika memandu, tersenyum dan ramah menjadi faktor yang hanya seperti embel-embel dan berupa tambahan tetapi sebetulnya penting untuk dilakoni. Karena pekerjaan sebagai Gaido san atau pemandu wisata ini, apabila dimasukkan ke dalam kluster-kluster maka termasuk ke dalam kluster yang satu lingkup dengan pekerjaan teller atau customer service di Bank, pekerjaan sebagai Front Office Staff di hotel dan pekerjaan lainnya yang penampilan dan senyum menjadi faktor pertama yang menjadi penilaian tamu / nasabah atau pengunjung.
Selain itu bagi seorang Gaido san, mencoba membuat definisi-definisi singkat menjadi hal yang penting terutama bagi Gaido san yang memandu wisatawan asing. Seperti misalnya ketika tamu yang dipandunya menanyakan apa yang dimaksud dengan blangkon? Apa itu nasi timbel atau apa itu kain batik. Definisi yang meski singkat tapi setidaknya pilihlah kata-kata yang akan mudah dicerna oleh wisatawannya. Penting juga untuk diketahui salah satu misalnya ketika mengunjungi lokasi wisata adalah harga barang-barang, harga tiket atau jam berkunjung.
Gaido san atau pemandu wisata dari travel-travel biasanya akan memakai seragam tertentu dan berpakaian rapi, sedangkan Gaido san secara individu biasanya lebih berpakaian fleksibel atau santai. Menjadi Gaido san atau pemandu wisata, banyak lah membaca, banyak lah berbicara dan tampil lah meyakinkan agar setidaknya wisatawan yang dipandu akan merasa tenang melihat orang yang memandunya merupakan seseorang yang tahu akan kemana, tahu sedang berada dimana, tahu harus kemana dan tahu harus apa. Karena bagaimana jadinya apabila seorang pemandu wisata atau Gaido san yang sedang pergi memandu tamunya tapi ketika tamu bertanya dan bingung, Gaido san pun malah terlihat lebih bingung dan balik bertanya lalu mulai ketar-ketir tidak tahu apa yang harus dilakukan?
Memandu tamu secara individu, bisa dilakukan secara lebih fleksibel dan lebih bisa menonjolkan suasana pertemanan. Tetapi ketika memandu rombongan tertentu, baik rombongan wisata dari institusi formal atau rombongan dari paket tour anak-anak sekolah, maka harus ada schedule baku tertulis yang telah disiapkan.
Sebagai pemandu paket tour, pemandu wisata atau Gaido san bisa mengawalinya dengan memperkenalkan diri sebelum tour dimulai. Kemudian menjelaskan jadwal atau schedule hari itu, menjelaskan kemana saja tempat-tempat yang akan dikunjungi. Jam berkunjung lokasi wisata, waktu dan tempat makan (mulai dari sarapan hingga makan malam), jam istirahat, lamanya waktu kunjungan dan lamanya perjalanan yang akan ditempuh wajib menjadi faktor utama yang menjadi pertimbangan bagi Gaido san ketika membuat schedule. Kemudian, menjelaskan perlengkapan dalam bis (apabila menggunakan bis) seperti misalnya kantung yang bisa digunakan ketika mabuk perjalanan, obat-obatan ada dimana, ketika keadaan darurat haru bagaimana dan hal lain yang terkait dengan perjalanan.  
Satu hal penting bagi pemandu wisata atau Gaido san adalah harus selalu mengecek tamu atau wisatawan yang harus dipandunya, maka buatlah daftar nama dan berapa jumlah wisatawan yang sedang dipandunya. Demi menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan salah satu anggota tour, maka pengecekan biasanya selalu dilakukan ketika akan naik bus kembali atau ketika baru turun dari bus dan baru akan masuk ke lokasi wisata lainnya.
Gaido San atau pemandu wisata, pekerjaan berbicara seharian penuh. Banyak hal penting pula yang harus diketahui terkait lokasi, jalur yang dilalui dengan akurat dan apa saja hal penting yang perlu untuk disampaikan kepada wisatawan yang dipandunya, karena keakuratan informasi menjadi hal yang penting. Kondisi tubuh yang fit, harus diutamakan selain pengetahuan dan tampilan yang meyakinkan. Tetap tersenyum dan selalu ramah!

Tidak ada komentar: